Antisipasi Indonesia Hadapi Virus Corona di Olimpiade 2020

Presiden NOC (National Olympic Committee), Raja Sapta Oktohari, bakal mengirimkan surat kepada International Olympic Committee (IOC) terkait dengan dampak virus corona pada penyelenggaraan Olimpiade 2020.

Indonesia Siap Antisipasi Virus Corona di Olimpiade 2020

Jelang pesta olahraga terbesar pada musim panas yang bakal digelar pada tanggal 24 Juli sampai dengan 9 Agustus 2020, sayangnya Jepang masuk ke dalam negara yang terdampak virus corona ini. Sedangkan China yang mana merupakan negara yang memiliki kontingen terbesar di ajang Olimpiade itu adalah negara di mana virus itu berasal.

“Kami akan bersurat ke IOC, kira-kira dalam suratnya kami akan mengatakan bahwa kami mendapatkan banyak pertanyaan soal virus corona terkait dengan Olimpiade dan juga kualifikasi menuju Olimpiade 2020 ini. Jadi, kami mau tahu apa saran dari IOC sehingga nantinya kami akan menjalankan sesuai dengan arahan dari IOC,” ungkao Okto yang ditemui di Kantor NOC Indonesia, pada hari Selasa (28/1).

Sampai dengan saat ini, Okto juga mengatakan belum berkomunikasi dengan komite olimpiade yang berasal dari negara-negara lainnya terkait dengan wabah virus corona jelang ajang Olimpiade 2020. Lebih lanjut lagi, ia akan berkomunikasi dengan Kementerian Kesehatan agar bisa memberikan rekomendasi pada para atlet yang memiliki rencana untuk datang ke China guna mengikuti ajang pra kualifikasi Olimpiade yang mana sampai dengan saat ini masih terus berlangsung.

“Kami akan meminta rekomendasi dari Kementerian Kesehatan terkait dengan virus corona. Kenapa? Karena rekomendasi itu penting untuk dasar kita tahu langkah-langkah apa yang harus diambil oleh para atlet yang akan melakukan kualifikasi Olimpiade ke negara-negara yang terjangkit wabah virus corona itu,” imbuhnya lebih lanjut.

“Kalau ada yang berangkat (ke luar negeri) tanpa rekomendasi, ya sepenuhnya menjadi tanggung jawab masing-masing cabor. Karena faktanya sampai dengan saat ini, masih banyak juga pesawat yang datang atau pergi ke China atau negara yang terkena wabah itu.”

Morinari Watabene yang menjadi member IOC di sisi lainnya mengatakan bahwa wabah virus corona tak akan mengganggu gelaran ajang multievent 4 tahunan itu. Orang yang menjadi anggota task force Olimpiade 2020 Tokyo itu juga mengatakan, “Biasanya virus ini datang saat musim dingin dan akan hilang ketika datangnya musim panas. Hal ini normal saja, namun tentunya kasus yang terjadi sekarang ini pastinya panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 bakal mengutamakan keselamatan atlet.” Hal itu dismapaikannya saat berkunjung ke Indonesia.

Kemeneprin Perketat Pengawasan Bahan Baku untuk Antisipasi Virus Corona

Virus corona ini juga membuat sejumlah aktifitas jadi terganggu. Di samping mengkhawatirkan bagi ajang Olimpiade 2020, virus ini juga membuat khawatir Kementerian Perindustrian. Pihak Kemenprin mengatakan bahwa pihaknya telah meningkatkan pengawasan togel online terpercaya mereka pada bahan baku dan juga penolong industry.

Peningkatan pengawasan itu dilakukan terkait dengan makin menyebarnya wabah virus itu. Agus Gumiwang Kartasasmita, selaku Menteri Perindustrian mengatakan bahwa peningkatan pengawasan dilakukan dengan mengecek seluruh barang impor yang masuk dari China. Dari hasil pengawasan sementara tersebut, ia menyatakan bahwa virus corona itu belum masuk ke RI.

“Saya rasa belum ada dampak pada Virus Corona ini selama flight itu masuk dari China pengawasannya lebih ketat. Alhamdulillah belum ada satu pun yang kami dengar sudah terdampak,” ungkapnya Selasa (28/1) kemarn. Maka dari itu, Agus mengimbau para masyarakat agar tetap tenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *