Jelang MotoGP Spanyol, Cal Crutchlow Berjaya

Ajang balap sepeda motor paling bergengsi di dunia, MotoGP sudah memasuki seri keempat di musim 2018 ini. Jelang GP Spanyol di sirkuit Jerez hari Minggu (6/5) esok, para pebalap domino qiu qiu seperti biasanya melakukan sesi latihan bebas hari Jumat (4/5). Nanti setelah dua kali sesi latihan bebas, mereka akan mengikuti babak kualifikasi harai Sabtu (5/5) petang WIB.

 

Dan dalam sesi latihan bebas kedua (FP2) hari Jumat kemarin, kebahagiaan justru dimiliki pebalap tim LCR Honda, Cal Crutchlow. Pebalap berusia 32 tahun itu berhasil jadi yang tercepat dengan catatan waktu putaran terbaik yakni 1 menit 38,614 detik. Apa yang diraih Crutchlow ini memang tampak seperti keberuntungan karena pebalap Repsol Honda, Marc Marquez itu sempat jadi yang tercepat di awal sesi FP2 dengan catatan waktu 1 menit 40,233 detik.

 

Crutchlow memang mengekor di belakang Marquez bersama rekan satu tim sang juara dunia, Dani Pedrosa. Bahkan hingga 30 menit FP2 berlangsung, Marquez tetap yang terdepan. Namun insiden yang menimpa Marquez membuat Crutchlow melesak dan berhasil jadi yang terbaik. Di belakang Crutchlow ada Pedrosa dan Johann Zarco. Berurutan di belakang para tiga besar adalah Andrea Iannone, Marquez, Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo, Jack Miller dan Valentino Rossi.

 

Jika memang penampilan Crutchlow stabil, maka bukan tak mungkin dia mengulang naik podium seperti saat di GP Argentina tanggal 9 April 2018 silam. Saat itu Crutchlow berhasil ada di posisi teratas, mengalahkan Zarco, Alex Rins (Suzuki Ecstar), Jack Miller (Pramac Racing) dan Maverick Vinales (Movistar Yamaha).

 

Johann Zarco Kembali Tersenyum

 

Kalau ada yang begitu bahagia atas hasil FP2 selain Crutchlow, maka dia adalah Zarco. Rookie terbaik di MotoGP musim 2017 itu mampu mencatat hasil memuaskan di dua sesi latihan bebas. Sekedar catatan, pebalap Yamaha Tech3 ini mencatat waktu putaran 1 menit 39,518 detik saat FP1 sehingga membuatnya ada di peringkat ke-7. Namun pada FP2, Zarco melesat ke posisi ketiga dengn catatan waktu 1 menit 38,705 detik.

 

Dilansir situs resmi Yamaha Tech3, Zarco memang cukup senang bisa tampil kompetitif di sirkuit Jerez. Dirinya memang bermain cukup bagus di FP1 dan mencoba mencari setelan ban terbaik di FP2, sehingga tak heran kalau Zarco ingin bisa naik podium lagi setelah GP Argentina. Selain termotivasi hasil baik, Zarco seharusnya bisa melaju lebih lepas karena dia sudah mengamankan kontrak dengan pabrikan KTM untuk musim 2019 mendatang.

 

Sirkuit Jerez Masih Muram Bagi Rossi-Marquez

 

Sementara itu sesi latihan bebas di Jerez justru memberikan hasil muram bagi dua juara dunia, Rossi dan Marquez. Rossi bahkan mengungkapkan rasa penyesalannya tidak melakukan tes privat akhir tahun 2017 di Jerez yang membuatnya tercecer di posisi kedelapan dalam FP2. Rossi hanya mampu mencatat waktu 1 menit 39,248 detik atau selisih 0,634 detik dari Crutchlow.  Terungkap pula bahwa dua tim yang tidak melakukan tes di Jerez adalah Movistar Yamaha dan Repsol Honda.

 

Nasib tak cukup baik juga dialami Marquez yang bahkan sempat jatuh di FP2 saat waktu tersisa tiga menit saja. Hal ini membuat Marquez harus puas berakhir di posisi kelima. Apakah dirinya bisa kembali meraih podium dan juara seperti GP Amerika pada 23 April lalu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *