‘STAR TREK 4’ Bakal Diarahkan Sutradara Perempuan?

Perjalanan franchise STAR TREK di Hollywood memang luar biasa. Sejak dirilis tahun 1979, sudah ada 13 judul film sepanjang 37 tahun lamanya. Dan Paramount Pictures memastikan kalau film para penjelajah galaksi akan dilanjutkan. Apalagi sejak JJ Abrams me-reboot STAR TREK di tahun 2009, nafas franchise inipun kembali berlanjut. Karena di tahun 2002, STAR TREK: NEMESIS pernah dirilis yang hanya meraup USD 67,3 juta dari biaya produksi USD 60 juta.

 

Sekedar informasi, STAR TREK (2009) yang dibuat dengan budget USD 150 juta berhasil meraih USD 385,6 juta secara global. Lalu sekuelnya STAR TREK: INTO DARKNESS (2013) dibuat dengan biaya USD 190 juta meraih box office global lebih besar yakni USD 467,3 juta. Sayang sekuelnya, STAR TREK: BEYOND (2016) yang menghabiskan USD 185 juta meraih penghasilan lebih rendah daripada dua prekuelnya yakni USD 343,4 juta. Hengkangnya Abrams sebagai sutradara dan digantikan Justin Lin dianggap sebagai penyebab turunnya box office BEYOND.

 

Namun hal itu sepertinya tak membuat Paramount kehilangan asa akan sekuel STAR TREK. Dua aktor yang terlibat yakni Zachary Quinto dan Karl Urban tampak optimis akan sekuel BEYOND. Quinto yang berperan sebagai Spock dan Urban sebagai Leonard ‘Bones’ McCoy cukup yakin kalau film keempat STAR TREK tengah dipersiapkan.

 

‘STAR TREK 4’ Bakal Dibintangi Chris Hemsworth

 

Variety melansir kabar mengejutkan bahwa sang pemeran Thor di film-film MCU, Chris Hemsworth akan kembali bergabung di dunia STAR TREK. Sekedar informasi, Hemsworth sendiri sudah pernah tampil singkat di STAR TREK (2009) sebagai George Kirk, ayah dari James Kirk (Chris Pine). Sosok George Kirk begitu diingat para penjelasah galaksi sebagai kapten kapal USS Kelvin selama 12 menit lantaran mengorbankan dirinya sendiri demi menyelamatkan 800 orang termasuk sang istri dan si kecil James.

 

Meskipun George tewas, tetapi ada dugaan kalau STAR TREK 4 akan menggunakan elemen perjalanan waktu sehingga James dewasa bisa berjumpa dengan sang ayah di masa lalu atau George pergi ke masa depan dan berjumpa dengan putranya. Jika memang begitu, maka besar kemungkinan STAR TREK 4 akan mengambil unsur plot STAR TREK IV: VOYAGE HOME (1986). Hal ini tentu menarik mengingat INTO DARKNESS mengenalkan Khan seperti plot STAR TREK II: WRATH OF KHAN (1982) dan BEYOND mengenai kehancuran USS Enterprise seperti STAR TREK III: THE SEARCH OF SPOCK (1984).

 

Sekuel ‘STAR TREK’ Punya Dua Sutradara

 

Membuat penggemar tak sabar, Paramount mengumumkan kalau saat ini mereka tengah menggodok dua sekuel STAR TREK dengan sutradara berbeda. Yang pertama adalah sineas perempuan asal Inggris bernama SJ Clarkson dan yang kedua salah satu sutradara Hollywood, Quentin Tarantino. Hanya saja masuknya Tarantino ini sempat membuat fans STAR TREK terpecah belah antara setuju dan tidak.

 

Jika Clarkson kabarnya akan menggunakan naskah di mana James berjumpa dengan George sehingga karakter-karakter dewa poker seperti Spock, McCoy, Montgomery Scott (Simon Pegg), Nyota Uhura (Zoe Saldana), dan Hikaru Sulu (John Cho) akan kembali. Sementara Tarantino tengah mengembangkan naskah yang lebih kelam, sadis dan berdarah seperti kebiasannya untuk sekuel STAR TREK. Kabarnya STAR TREK versi Tarantino yang sudah disetujui oleh Abrams dan Paramount akan mengambil setting waktu berbeda dari masa James Kirk. Apakah bakal berupa spin-off? Layak dinantikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *